Rabu, 28 Oktober 2015

Sumpah Pemuda

Soempah Pemoeda, 28 Oktober 1928:

1. Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

2. Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

3. Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Delapan puluh tujuh tahun yang lalu, pemuda-pemudi Indonesia dengan semangat nasionalisme tak tertandingi mengikrarkan sumpah yang menjadi bukti otentik sebuah cita-cita perjuangan.

Delapan puluh tujuh tahun yang lalu, pemuda-pemudi Indonesia dengan semangat nasionalisme tak tertandingi mengikrarkan kebanggaan terhadap Ibu pertiwi.

Delapan puluh tujuh tahun yang lalu, pemuda-pemudi Indonesia dengan semangat tak tertandingi mengikrarkan bahasa yang menjadi identitas bangsa.

Saat ini, 28 Oktober 2015.
Dua puluh dua tahun sudah saya hidup sebagai pemudi Indonesia. Merasakan kesegaran bahkan kepengapan udara Indonesia. Menikmati aroma  kesuburan bahkan ketandusan tanah Indonesia. Menyaksikan silih berganti pimpinan Indonesia. Saya bangga menjadi Indonesia.

28 Oktober 2015, sumpah pemuda kembali bergema dalam peringatan. Saya berdoa agar pemuda-pemudi yang dulu mengikrarkan sumpah itu dengan suara, tidak kecewa kepada penerus mereka saat ini.

Sebagai pemudi, semoga saya bisa menjalankan sumpah yang telah diikrarkan oleh pemuda-pemudi terdahulu. Paling tidak, saya harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam setiap ucapan untuk memperingati hari besar Indonesia. Paling tidak, saya harus  mencintai tanah Indonesia yang saya pijaki dengan tidak membiarkannya kotor oleh apapun. Paling tidak, saya harus menjadi pribadi yang disiplin dan mandiri. Paling tidak, sebagai tenaga pendidik, saya harus bisa ikut serta  melanjutkan cita-cita kemerdekaan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan semangat dan ketulusan.

Saya berdoa agar semangat nasionalisme terus berkembang dalam diri saya maupun dalam diri setiap pemuda-pemudi Indonesia. Saya mencintai Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar