Kamis, 14 Mei 2015

Rumah Cemara

Bukan tentang film televisi yang diperanin Abah dengan becaknya, Emak dan jualan opak (hayyoo.. siapa yang masih ingat???), sama sekali bukan. Kali ini gue bercerita tentang sebuah rumah kontrakan dengan ukuran minimalis cenderung sederhana yang ditempati beberapa mahasiswa tingkat akhir di masa-masa sulit perkuliahan. Nyelesein Skripsi.

Berawal dari niat dua orang mahasiswa untuk hengkang dari kosan lamanya, katanya sih mau cari suasana baru kalau istilah abege sekarang move on, ga tau deh move on dari siapa dan apa. Oke, sebut saja dua orang itu Amee (@Ameee93) dan Elsa (@fitriaelsa73). Ya, gue dan Elsa sebelumnya satu kosan dan emang udah punya niat banget buat move on, Sari juga pengen ikut kita sih tapi ya gitu ada beberapa kendala, mungkin belum siap ninggalin mantan *eh. Oke, ini gue becanda yang cenderung serius.

Kita ga mau cari kos-kosan karena pasti bakal rame banget, sedangkan kita butuh suasana tenang buat bisa nuntasin misi terakhir sebagai mahasiswa. Yup, skripsi. Nah, tau gue sama Elsa berniat pindah, muncul seorang mahasiswa yang juga lagi luntang-lantung ga jelas di kosan lamanya, sebut saja Minda (@Minda_MW) yang masih satu kloni sama gue dan Elsa. Merasa senasib dan kalau gue cuma sama Elsa itu rasanya terlalu romantis, akhirnya kita bertiga memutuskan menyatukan kekuatan dan mulai mencari kontrakan. Yeeaahh.

Singkat cerita, siang itu Minda sma Elsa muter-muter nyari kontrakan yang cocok buat kita, gue terima bersih aja. Hahaa. Mereka udah nyamperin beberapa kontrakan tapi ya gitu masih belum ada yang cocok  sampe akhirnya mereka nyasar ke sebuah gang di pinggir jalan raya dan menemukan sebuah rumah kontrakan dengan cat hijau, halaman luas dan pagar hitamnya. Jl. HR. Soebrantas, gang Iman, Panam, Pekanbaru. Fix. Itu kontrakan kita yang baru.

Pertama kali sampai di rumah itu gue langsung ngerasa nyaman, lingkungannya juga asik banget. Gue, Elsa dan Minda menyebutnya Rumah Cemara dan siapapun yang pernah menghabiskan malam disana adalah keluarga cemara. Duhh kangen *lapingus. Rumah itu cuma memiliki satu kamar yang tidak terlalu luas, ruang tamu yang masih tidak terlalu luas, dapur serta kamar mandi yang juga minimalis. Sangat pas buat kita yang ga punya banyak waktu buat bersih-bersih atau mungkin ga suka bersih-bersih. Entahlah.

Rumah cemara memang minimalis tapi sangat elastis, karena di masa-masa tertentu bisa menampung sampai delapan orang. Oke, sepertinya gue juga harus memperkenalkan siapa aja penghuni rumah cemara. Cekidoot.

Penghuni tetap tentunya gue, Elsa dan Minda. Di rumah cemara kita punya nama baru, Minda sebagai pencetusnya. Gue menamakan diri Zulaikha, diterima. Minda dengan nama Ainun, diterima. Elsa berniat menamakan diri Zarra, ditolak. Ya, gue sama Minda ga setuju dengan nama Zarra karena terlalu bagus buat Elsa akhirnya kita menyematkan nama Zaitun. Ya Elsa adalah Zaitun atau Atun. Walaupun dia masih ngotot dengan nama Zarra-nya itu tapi buat kita namanya tetap Atun.

Di rumah cemara kita jarang masak, kalau lapar ya tinggal calling, yup delivery order di tempat makan langganan kita. PH. Walaupun tinggal di kontrakan sederhana tapi kita selalu delivery order di PH. Kita mah gitu orangnya. Sampai sekarang gue masih nyimpan nomor ph, karena gue yang sering kebagian buat order.
Rumah cemara ga cuma diisi oleh penghuni tetap, adalagi penghuni tamu yang tetap. Catet ya, tamu tetap. Mereka adalah Raty (@Raty_lestari) dan Sari. Mungkin ga ada istilah tamu d rumah cemara, karena biasanya tamu itu ada sungkannya tapi mereka tidak. Setiap yang datang ga ada sungkannya, menganggap rumah cemara adalah rumah mereka sendiri. Fun. Raty selalu datang dengan bayak makanan dan yang paling gue suka adalah tempe goreng buatan Mama Raty. Kangen banget. Pokoknya kalau Raty datang sama dengan kenyang. Hemat, ga perlu calling PH (mental anak kost-_ -).

Selanjutnya penghuni tamu yang cenderung tetap, Raisah (@raisah_al) dan Yani. Mereka sering nginap di rumah cemara walaupun belum seintens sari dan raty. Raisah temen gue ini bukan artis apalagi penyanyi, suara dia cenderung cempreng, ga enak. Tapi dia lawan gue, Rai ini fans Madrid sedangkan gue fans Barca tapi kita tetap akur di urusan lain. Sweet. Pernah kejadian satu malam kita semua tidur di rumah cemara, semua yang gue sebutin tadi. Ya, rumah cemara memang elastis.

Rumah cemara penuh tawa bahkan penuh gosip, maklum ya namanya juga mental ibu-ibu. Ga jarang juga ada perdebatan bahkan sampai aksi ngambek, mungkin gue yang paling sering ngambek. Faktor umur sih, gue yang paling kecil diantara mereka. Ibaratnya gadis polos di sarang tante-tante *ditonjok*.
Rumah cemara lingkungannya asik banget, deket sama mesjid, warung, jalan raya. Strategis.

Sekarang cerita tentang tetangga, karena kita hidup ga sendiri. Di depan, ada rumah Atuk dan Nenek. Pasangan suami istri yang romantis di masa tuanya. Beliau selalu pergi ke mesjid bareng, Atuk selalu ngantar Nenek setiap pagi. Kita cuma kenal lewat senyuman dan sapaan-sapaan ringan. Tapi gue pernah ngobrol sama Atuk pas pulang dari mesjid, saat itu ga ada nenek, mungkin udah pulang duluan. Posisinya Atuk udah jalan duluan dan gue baru keluar mesjid, Atuk nungguin gue buat jalan bareng. Uhh so sweet. Mungkin Atuk takut liat gue jalan sendiri. Ya, biasanya gue ke mesjid bareng Minda tapi entah kenapa petang itu gue sendiri. Tapi menyenangkan bisa jalan bareng Atuk *eh.

Selain itu ada cucu lelaki Atuk yang sering menghiasi pemandangan depan rumah. Ga tau nama aslinya, tapi anak cemara memanggilnya Amin. Lelaki itu, jodoh gue yang tertunda. Aamiin. Hahaa.
Di samping, ada kontrakan yang masih satu kloni dengan rumah cemara. Ada kakak jerawat, yang selalu jadi bahan gosip kita. Kakak gendut yang kita ga tau namanya. Ada Dina yang lumayan sering interaksi sama anak cemara. Mereka satu kontrakan tepat di sebelah rumah cemara, mahasiswa tingkat akhir yang hampir expired. Disebelahnya lagi ada kontrakan juga yang dihuni oleh Ririn and the gank, mahasiswa yang masih junior.

Selain itu ada tukang bakso dan sate langganan, yang sering mengisi kekosongan perut di sore hari. Kangen. Pokoknya kalau di rumah cemara selalu kenyang, yang penting ada uang. Hahaa.
Ya ampuun, gue lupa *nepokjidat* di rumah cemara juga ada kak Yin sebagai penghuni tetap. Catet,  penghuni tetap. Kak Yin emang sering ga di rumah, karena sering pulkam, Kak Yin bukan mahasiswa lagi. Tapi kak Yin penyelamat kita, rumah cemara dicap sebagai sarangnya jomblo tapi kalau kak yin di rumah stigma sarang jomblo itu terpatahkan. Kak Yin punya pacar, satu-satunya yang punya pacar diantar kita saat itu namanya Bang Anta. Bang Anta masih ngampus dan sering gue tebengin kalau mau bimbingan sripsi :D
Penghuni rumah cemara adalah keluarga. :)
Keluarga tidak melulu tentang ayah, ibu, kakak dan adik dalam artian sempit tapi tentang komunitas yang bisa membuat lo nyaman disituasi tidak aman sekalipun.
Keluarga tidak harus terikat hubungan darah, bahkan mereka yang tidak pernah lo jumpai sekalipun adalah keluarga ketika lo merasa nyaman. Keluarga tempat lo kembali pulang.
Masih banyak cerita di rumah cemara, tapi gue rasa cukup dulu.  Gue ngantuk. Gue nulis ini dalam situasi yang kangen berat sama suasana rumah dan keluarga cemara. Miss you, all :*
To be continue..

3 komentar:

  1. Kangeeeeeen.. *peluksemua* huaaaa... terharu, sedih bahagia campur aduk semuanya.. intinya bikin makin kangen.. sukses yaaa amiii, anak ayah-ibu yg lagi blajar nulis..

    BalasHapus
  2. Overall is so sweet 😍 tapi pas penjelasan raisahnya gak ada sweet2 nya 😭😭😭

    BalasHapus
  3. maafkan Amee.. Raisah :D :*

    BalasHapus